Are you happy today?

Hi guys, How’s your day? I hope you’re healthy and doing well. We’re happy to introduce you to our Grateful Board on our newsblog. A place where you can share your thoughts, inspiring stories, or a little thing that you’re grateful for today. You can always spread the positivity by dropping it here. Your story will be featured in our Grateful Board section in the next article. See you and stay safe!


Finlandia kembali dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) nih, guys! Lebih tepatnya di tahun 2021 ini jadi keempat kalinya Finlandia ngedapatin titel itu.

“Selama pandemi, Finlandia berada di peringkat tertinggi yang membuat mereka saling melindungi kehidupan dan mata pencaharian masyarakat,”

 

– tulis para penulis studi, mengutip Mint.

Sejak laporan ini diterbitin pertama kali di tahun 2018 lalu, Finlandia terus tercatat sebagai negara paling bahagia, lho.

Survei ini tujuannya buat ngukur kebebasan dan kepuasan pribadi individu terhadap kehidupannya masing-masing. Nah , surveinya ini menggunakan data dari 149 negara bersama dengan ukuran PDB, tingkat dukungan sosial, dan persepsi korupsi.

Hasilnya, Finlandia ditemukan unggul dengan layanan publik kelas dunia yang tenang, tingkat kejahatan yang rendah, dan tingkat kepercayaan terhadap pemerintah yang tinggi.

“Dasar-dasarnya sangat bagus di sini. Di sini tak ada orang yang tinggal di jalanan. Di sini ada pengangguran, tapi layanan kesehatan sangat berfungsi,”

 

– ujar penjual bunga, Riitta Matilainen, mengutip AFP.

Walaupun musim dingin yang panjang di Finlandia sempet bikin negara ini punya tingkat konsumsi alkohol dan bunuh diri yang tinggi. Tapii, upaya kesehatan masyarakat selama satu dekade udah ngebantu nurunin angka tersebut sampe lebih dari setengahnya.

 

Wow, keren bangett!

Selain itu, resep utama dari kebahagiaan Finlandia adalah terbentangnya alam yang luas dan menenangkan.

Yup! Tau kann, finlandia itu negara dengan deretan hutan yang rimbun dan ribuan danau. Terus pemandian uap tradisional yang tersedia di berbagai penjuru negara pun disebut berkontribusi.

“Kunci dari titel bahagia dari orang Finlandia adalah pergi ke alam bebas, dengan deretan hutan dan ribuan danau, serta pemandian uap tradisional,”

 

– Kepala Layanan Promosi Finlandia, Business Finland, Paao Virkkunen.

Hal yang sama juga terjadi pada masakan Finlandia yang sebelumnya pernah begitu diejek karena rasanya yang hambar. Kini, para pemilik restoran justru memuji kesederhanaan dan bahan-bahan alami dari masakan Finlandia.

“Saya pikir, kita telah tumbuh sebagai sebuah bangsa, memahami dasar-dasar kebahagiaan sedikit lebih baik dari yang kita pahami sebelumnya,”

 

– Virkkunen

Selain Finlandia, urutan tingkat kebahagiaan di dunia diikuti oleh Denmark di posisi kedua, terus Swiss, Islandia, dan Belanda.


Don’t ghosting me, please!!

Sebenernya apa sih ghosting itu??

Penyebab Seseorang Menjadi Ghosting di Sebuah Hubungan - Ngobrolin.id

Gampangnya, ghosting tuh artinya ‘ngilang’ gitu, gengs. Salah satu antara kamu atau doi nge-end hubungan kalian dengan memutus semua komunikasi tanpa ada penjelasan sama sekali. Jadi yaa ngilang gitu aja, terlepas dari hubungan kalian yang masih PDKT atau udah jadian sekalipun. Biasanya pelaku ghosting ini bakal ngilang setelah ada komunikasi intens atau pas abis ngedate.

Menurut Dr. Wendy Walsh, dosen psikologi di California State University, Channel Islands, yang sekaligus seorang psikoterapis, ada sejumlah tingkatan ghosting. Mulai dari yang ringan sampai berat.

Wendy Walsh Speaks Out About Bill O'Reilly's Departure From Fox News - YouTube

Ghosting ringan adalah waktu orang yang gak terlalu deket sama kamu gak bales chat atau telepon. Kalo ghosting sedang adalah waktu kamu ketemu orang baru dan udah beberapa kali ketemu juga tapi tiba-tiba ngilang. Sedangkan ghosting berat itu pas hubungan udah deket banget nih, tiba-tiba salah satu pihak ngilang aja gitu tanpa sebab.

 

Gimana dampaknya?

Ada penelitian yang mengungkap kalo penolakan sosial dari siapa pun bisa mengaktifkan rasa sakit di otak yang sama parahnya dengan sakit fisik. Artinya, ada kesamaan sakit fisik dan sakit di otak.

Selain itu, korban ghosting jadi mempertanyakan diri sendiri dan merasa gak punya harga diri. Akhirnya kepercayaan diri juga ikut pupus.

Really?? Kok bisaa?

Ya karena perasaan ditinggalkan, ditolak dan dianggap gak berharga untuk mendapatkan penjelasan pasti dirasakan sama korban ghosting. Dan bukan hal yang gak mungkin kalo bakalan ngaruh ke semangat hidup dan suasana hatinya.

Menurut Jennice Vilhauer dalam tulisannya di Psychology Today, orang yang dighosting bakal ngalamin perasaan batin yang lebih dari itu bahkan merasa sangat tersiksa.

“Ghosting itu salah satu bentuk siksaan paling kejam dalam hubungan kencan.”

 

– Jennice Vilhauer.

Efek buruk lainnya adalah korban ghosting cenderung bakal nyalahin diri sendiri. Padahal belum tentu juga kesalahannya ada di dia. Selain itu, bisa aja muncul perasaan khawatir atau trauma buat bisa kembali memulai hubungan sama orang yang baru.

Call me random, but I'm actually an independent thinker. Cheerio!